hidup untuk bertarung


Terbaru

Khamis, 16 November 2017

TERSIHIR PESONA SIPAGOGO


Beberapa hari yang lau telah dibahas tentang Pantai Sikabau. Nah, kali ini saya akan membahas tempat wisata yang sedang naik daun dan mempesona di negeriini, yaitu Air Terjun Sipagogo Atau yang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Situak LotoK. Tempat wisata ini berada di Jorong Situak Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat.

Air Terjun Sipagogo sakarang ini menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para pelancong. Pesonanya akan memanjakan mata. Bagi photographer underwater tempat ini sangat cocok  dijadikan sebagai objek foto, karena airnya berwarna biru yang berasal dari kandungan belerang.



Untuk sampai disini kita akan menaiki sepeda motor selama setengah jam dari pusat Ujung Gading, dan kita harus berjalan menuruni bukit selama setengah jam pula agar sampai ketepian sungai.

Menurut peduduk sekitar, air terjun Sipagogo ini mempunyai cerita tersendiri, yaitu pada zaman kerjaan masih berlaku di Indonesia hidup seorang jawara yang kuat dan hebat, sehingga tidak ada yang bisa mengalahkan dia. Air terjun ini dijadikan Sipagogo sebagai tempat bertapa.

Dia juga mempunyi hewan peliharan berupa seekor ayam, dan ayam itu akan membangunkan Sipagogo apabila ada orang yang datang. Akibat tingkah lakunya yang tidak baik, ia dikutuk menjadi batu oleh gurunya. Letak patungnya tepat berada dibawah air terjun itu. Tetapi patung Sipagogo saat ini tidak punya kepala lagi karena ditimpa kayu besar yang dibawa oleh arus sungai dan kepalanya jatuh kedasar sungai.

Itulah sekilas cerita tentang air terjun Sipagogo, untuk lebih jelas lagi silakan kunjungi dan bercerita dengan penduduk sekitar.

AYO BERWISATA KE PASAMAN BARAT...!!!